Selasa, 10 Juni 2014

KEADILAN



Manusia adalah makhluk sosial, dimana mereka hidup secara berdampingan. Dengan berbagai  jenis kalangan, profesi, dan permasalahan di dalamnya. Faktor itu juga yang menjadi salah satu pemicu konflik di dalam masyarakat. Sering kali kita menemukan  kasus-kasus yang tidak di selesaikan dengan baik dan adil.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai keadilan. Berikut pembahasan saya mengenaik keadilan.
   
        Menurut saya keadilan adalah ketika segala sesuatu terletak pada tempatnya, memenuhi porsi, dan tidak berpihak. Pengertian diatas berdasarkan pendapat saya, dilihat dari beberapa kasus yang terdapat dimasyarakat. Berikut merupakan contoh kasus yang berhubungan dengan keadilan :

1.   Terletak pada tempatnya
Dimana dalam kehidupan sehari-hari orang yang lebih tua akan menghargai orang yang lebih muda, dan orang yang lebih muda akan menghormati orang yanng lebih tua, hal tersebut dikatakan adil, karena orang yang lebih tua sudah seharusnya dihormati, dan yang lebih muda tetap harus dihargai sehingga terjadi proses timbal balik yang sama sama menguntungkan secara positif.

2.   Memenuhi porsi
Contoh kedua adalah keadilan sesuai dengan porsinya, seorang ibu memberikan porsi sesuai dengan kebutuhan anaknya. Misalnya ibu tersebut memiliki  3 orang anak, anak pertama duduk di bangku SMP anak kedua duduk di bangku SD dan anak ketiga duduk di bangku TK,  makanan yang di dapat anak yang duduk di bangku SMP akan lebih banyak dibandingkan dengan anak yang duduk di bangku SD dan TK, begitupula dengan anak yang duduk di bangku SD porsi yang didapat akan lebih banyak dari anak TK. Bayangkan jika anak yang lebih kecil mendapatkan porsi makan yang sama dengan kakak-kakaknya maka tidak akan habis. Oleh karena itu keadlian tidak selalu tentang membagi dengan rata tetapi sesuai dengan yang dibutuhkan.

3.   Tidak berpihak
Dan contoh yang terakhir adalah keadilan yang tidak berpihak. Seseorang cendrung lebih simpatik kepada orang orang yang memiliki potensi hardskill lebih baik dibandingkan dengan potensi softskill, namun paada kenyataannya hardskill dan softskill sama sama skill (kemampuan) yang mempunyai  fungsi masing masing.

Contoh diatas merupakan beberapa contoh kecil dalam kehidupan sehari hari, berbicara tentang keadilan memang akan banyak kasus yang mencuak, baik itu keadilan didalam sebuah negara, dalam rumah tangga, dalam sebuah organsasi dan lain lain. Jika sesorang ingin bersikap adil, maka orang tersebut harus mempertimbangkan segala sesuatunya, untuk sesuai dengan porsinya , tidak berpihak, sehingga semua hal bisa terletak pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar