Minggu, 27 April 2014

Disiplin Dalam Belajar



Disiplin dalam belajar

Pada tulisan saya kali ini saya akan membahas mengenai disiplin dalam belajar. Sebagai seorang mahasiswa, saya masih mempunyai kewajiban sebagai seorang mahasiswa, salah satunya yaitu belajar. Sebenarnya belajar itu apa sih? Bagaimana sih cara belajar yang baik? Apasih hal hal yang perlu diperhatikan saat belajar?

Belajar adalah proses mencoba sesuatu yang baru, mengerti sesutau yang belum di mengerti, memperbaiki sesuatu yang salah, dan mengetahui sesuatu yang belum diketahui sebelumnya, yang nantinya sesuatu itu akan memberi manfaat bagi diri kita dan orang banyak.

Bagi sebagian orang belajar merupakan hal yang membosankan, terlebih jika suasana, sarana dan prasarananya tidak mendukung. Berikut saya akan berbagi saran untuk mendukung proses belajar yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda:

1.    Buatlah jadwal belajar
Jika anda seorang pelajar, mahasiswa, karyawan, atau orang orang yang mempunyai kegiatan yang cukup padat, buatlah jadwal untuk belajar, dan pastikan jadwal tersebut terpenuhi, anda harus konsisten terhadap jadwal yang akan buat. Jangan sampai jadwal tersebut hanya menjadi wacana.

2.    Belajar pada waktu yang tepat
Belajar memerlukan konsentrasi yang baik, saran saya jika anda ingin mulai belajar gunakan waktu dimana pikiran anda masih fresh, biasanya waktu tersebut di dapat pada bagi hari (subuh) antara jam 3-5 pagi. Pada jam jam tersebut biasanya konsentrasi kita masih baik, karna belum memulai aktivitas. Belajar tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, maksimal 3 jam, dan selingilah dengan cemilan dan susu.

3.    Nonaktifkan gadget
Seiring berkembangnya teknologi, hampir semua kalangan mempunyai gadget, entah itu dalam bentuk handphone, tablet, ipod dll. Kebanyakan mahasiswa atau pelajar masa kini sangat sulit di lepaskan oleh benda yang satu ini, hampir setiap menit mereka mengecek gadget, hal ini dapat menghambat proses belajar, karna bisa mengalihkan konsentrasi yang akhirnya konsentrasinya akan pindah ke gadgetnya.Untuk itu alangkah baiknya saat sedang belajar gadget di nonaktifkan.

4.    Tempat yang nyaman
Untuk mendapatkan konsentrasi yang baik pada saat belajar, diperlukan tempat yang nyaman, pilihlah tempat yang tenang, dengan suhu ruangan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Seperti ruang belajar, atau perpustakaan.

5.    Partner dan metode yang menyenangkan
Salah satu factor yang mempengaruhi seseorang dalam proses belajar adalah partner atau rekan. Dalam proses belajar kadangkala akan melibatkan lebih dari satu orang, jika anda belajar kelompok atau les privat, bergabunglah dengan  partner yang mempunyai metode yang menurut anda menyenangkan, agar bisa membuat anda nyaman dan membuat anda mengerti.

6.      Jangan takut mencoba
Seseorang pasti pernah mengalami kegagalan, begitupun dalam proses belajar. Jika anda mengalami kegagalan saat proses belajar, jangan putus asa, cobalah untuk bangkit dan terus mencoba. Seperti kata pepatah kegagalan adalah kunci dari keberhasilan.

7.    Banyak berlatih
Pisau yang tidak diasah akan tumpul. Sama halnya seperti ilmu yang sudah anda dapat akan lama lama terlupakan atau hilang jika tidak banyak berlatih. Maka jika anda sudah belajar, gunakanlah ilmu yang sudah anda dapat dengan banyak berlatih dan mengasah kemampuan anda.


Demikianlah beberapa saran yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat menginspirasi anda dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar